Rabu, 11 September 2013

Memakai Jilbab Tidak Membuat Rambut Rontok » hasil penelitian tesis dr. Dewi Inong Irana,SpKK

Assalamu'alaikum

Bismillahirrohmaanirrohiim

Sahabatku sudah larut malam nih.  Tapi aku harus nulis informasi penting ini yang aku baru saja dapat tadi pagi dari pengajian Reboan di Masjid ALatief.  

 

Mohon maaf kalau ada yang aku copas dari satus twitter aku yang tadi siang langsung aku tweet dari masjid Alatief.   coz udah ngantuk nih.   

 

Berikut rangkuman catatan tadi pagi.  Maaf kalau tidak berurutan dan ngacak ya!

 

#NgajiYuuks! #ALatief w/ Dr.Dewi Inong Irana,SpKK | Tema Busana Muslimah dan Kesehatan | til zuhur.

 

  Beliau menceritakan awalnya penelitiannya tentang jilbab yang tidak menyebabkan rambut rontok  ditentang oleh pembimbingnya.  Namun, ia sangat kaget karena orang yang pertama mendukungnya adalah seorang non-muslim.  

 

 Tadi beliau sempat menyebutkan nama-nama profesor itu yang berasal dari Belanda, Inggris dll 

Tapi saya tidak jelas namanya siapa ( mohon maaf karena keterbatasan daya dengar hehe ) 

Berikut poin-poin dari ceramahnya:

 

1. Memakai jilbab tidak membuat rambut rontok » hasil penelitian tesis dr. Dewi Inong Irana,SpKK

 

  Untuk mengetahui rambut kita rontok atau tidak beliau sudah membuktikan dalam penelitiannya.  

Beliau sudah mencoba beberapa sample rambut orang yang memakai jilbab dan yang tidak memakai jilbab.  Penelitiannya pun menggunakan alat yang canggih.  

Kita juga bisa praktekan di rumah secara sederhana untuk mengetahui apakah rambut kita rontok atau tidak.  

 

Caranya, kumpulkanlah semua rambut yang rontok selama tiga hari.  Kemudian pilihlah rambut yang rontok itu menjadi dua jenis.  Pertama yang ada akarnya.  Kedua yang tidak ada akarnya.  Berarti yang ada warna putih diujungnya itu ada akarnya. 

 

Kalau jumlahnya 150 helai berarti rambut kita rontok dan kita ada penyakit dalam.  Maka dianjurkan untuk diperiksa ke bagian dalam. 

 

Tapi, kalau rambut kita setiap hari rontok dan tidak ada akarnya itu NORMAL.  Itu namanya bukan rontok, tapi rambut patah. Bbeliau menegaskan hal itu bukan akibat dari memakai jilbab, tetapi karena penggunaan shampoo yang tidak sesuai atau tidak cocok, karena rambut diikat terlalu lama, dan hal lainnya.  intinya bukan karena memakai jilbab.

 

Menurutnya ada satu shampoo yang ada perlindungan dari uv adalah shampoo lifebuoy.  Tapi karena kita sudah berjilbab, jadi rambut kita Insha Allah sudah terlindungi dari sinar uv.  

 

2. Ada  6 merk kosmetika yg sudah bersertifikat halal »

 1.wardah

 2.La tulip 

3. Ristra

 4.Sariayu 

5.Viva

6. Mustika Ratu (DR Dewi Inong)

 

Kalau saya sih sudah memakai produk wardah yang InshaAllah sudah ada Sertifikasi Halal ( SH ) MUI.  Ada lagi yang baru saya gunakan yaitu shampoo wortel merk sariayu juga sudah SH MUI.  Jadi, untuk merk-merk yang lain mohon dicek lagi ya kalau mau menggunakan apakah sudah ada logo halal SH MUI atau tidak. 



3. Muslimah disarankan berjemur setiap pagi selama 30 menit sebelum jam 9 smbil berjalan kaki » tips menghindari osteoporosis (DR Dewi Inong)

 

Nah, tadi dibahas juga kenapa wanita kulitnya berbeda dengan laki-laki.  Dan kenapa kita lebih rentan terkena osteoporosis.  Makanya kita dianjurkan untuk berjemur setiap pagi.  Berjemurnya jangan sambil duduk atau diam berdiri.  kata dr Inong kalau bisa sambil jalan kaki, bergerak sambil jemur pakaian, dll.   

Kalaupun cuaca mendung, tetap dianjurkan untuk berjemur dengan waktu yang lebih lama misalnya jadi 40 menit.  karena mendung itu bukan berarti tidak ada sinar matahri tapi saat mendung hanya 80% sinar matahari yang terserap. jadi masih ada sinar matahari sekitar 20%.

Selain muslimah, para lansia juga dianjurkan untuk berjemur. 


4. Seorang prof dr Inggris mengemukakan bahwa bnyak wanita di Inggris mengidap kanker kandung kemih dikarenakan telah menggunakan cat rambut berwaran hitam sejak usia 9 tahun ( Hasil Kongres yg diikuti dr dewi Inong Irana, SpKK ) #ALatif

 

 Usai kongres tsb, dr dewi Inong mengejar sang prof u/ menanyakan kebenaran tsb. Alasannya krn cat rambut warna hitam lbh banyak mengandung zat ppde dibanding warna lain. zat tsb mrpkn racun bagi tubuh. hal ini sesuai dg ajaran Islam yg melarang mengecat rambut warna hitam. begitu diinformasikan seperti itu, prof itu bilang   iya kamu yang benar Inong.   #ALatief

 

Menurut ceritanya yang mengejar prof itu ada dua yaitu ia dari Indonesia dan seorang dokter dari Mesir tapi tidak pakai jilbab. lalu si prof bilang ya itu kamu yang benar memakai jilbab telah melindungi rambut kamu. 

 

Dari ceritanya mengikuti kongres di Australia,  sekitar 2000 peserta kongres yang terdiri dari dokter-dokter kulit seluruh dunia, ia merasa terharu dan bangga karena saat itu ia ditunjuk sebagai contoh cara melindungi kesehatan kulit terbaik.  dari ujung rambut sampai ujung kaki.  

 

Ya, seperti inilah cara terbaik bagi wanita menjaga tubuh dan kulitnya.  kata prof tsb yang menunjuk dr Inong.  ternyata dr Inong satu-satunya peserta yang mengenakan jilbab pada kongres tsb.  Sampai ia tak percaya akan hal itu.  Me? katanya bertanya pada temannya. Iya itu kamu Inong! kata temannya. 

Ternyata jilbab itu sudah melindungi kita dari sinar uv.  dari ujung rambut dan kulit kepala kita sudah terlindungi.   

Beliau juga menceritakan saat stay di Amerika dan tinggal bersama orangtua angkat suaminya disana ia tidak bisa tidur sampai dini hari karena orangtua angkatnya terus meminta penjelasan kenapa ia memakai jilbab.  dan terus menerus membantah surat AlAhzab yang diberikan dr Inong.  

"Saya didebat terus sama orangtua angkat suami saya disana sampai akhirnya dia bisa menerima kenapa saya memakai jilbab"

Jadi dr Inong cerita dan bilang ia memakai jilbab agar tidak diganggu.  tapi orangtua angkat itu bilang lho saya juga begini nga diganggu.  terus dan terus didebat.  sampai akhirnya dr Inong bilang selain itu saya juga dijaga oleh Allah.  berkali-kali dr Inong mengucapkan subhanaulloh.  

ia bercerita lagi sewaktu dia harus ke Portugal disana tidak ada masjid dan dia bisa nyaman sholat langsung tanpa membawa mukena.

Kemudian saat mau makan ia memilih makan Mc D yang ia pilih pun salad dan kentang goreng.  ia ga berani pesan ayam atau daging disana.  Ia mengucap syukur karena sang pelayan bertanya Anda Muslim? iya.  mohon maaf kentang  ini digoreng dengan minyak babi ( tadi sih beliau nyebutin bahasa ilmiahnya gitu apa yaaa saya lupa hehe? )

Ia telah diselamatkan dan dilindungi dengan jilbabnya.  

Sampai cerita disitu akhirnya si orangtua angkat itu bisa menerima kenapa dr Inong berjilbab.  

5.  beliau juga menceritakan kalau ada baju muslimah yang ada spf 30 nya tapi tadi dia tidak bawa contohnya untuk dperlihatkan ke jamaah

6.  Mengenai rambut,  jangan menyisir rambut saat basah.  Biarkan rambut kering dengan alami baru disisir

7.  jangan mengikat rambut dengan karet gelang karena bisa menyebabkan rambut rusak, kusut, dan oatah

8.  jangan terlalu lama mengikat rambut seharian

9.  meskipun berjilbab, harus rajin menyisir rambut.  beliau menyarankan tiap habis sholat disisir rambutnya. 

10. ubahlah belahan rambut anda.  jangan dari dulu sampai sekarang belah tengah aja katanya.   sesekali belah pinggir, dll

11.  Bila terpaksa menggunakan hairdryer gunakan speed terkecil dan jauhkan jaraknya dari kepala karena gelombang elekromagentik dari hairdryer dapat merusak kulit kepala.  kenapa kalau di salon malah di hairdryer deket-deket kepala kita karena biar cepet kering dan cepet selesai ujarnya.  

12.  bila  menggunakan kipas angin, jauhkan jaraknya dari rambut takut tergulung

 13.  panjang rambut maksimal 60 cm.  karena kekuatan akar rambut maksimal sampai 60 cm.  kalau ada yang lebih kasian akar rambut kita akan rapuh.

14.  jangan menggunakan daleman jilbab terlalu kencang.  dan jangan menggunakan jilbab bunuh diri ( itu jilbab yang diuel-uel lho kata dr Inong ) itu juga bisa merusak rambut.

15.  beliau juga menyarankan untuk mengkonsumsi habatussauda setiap hari ( tapi lagi-lagi saya gak catet minumnya berapa kali).   dia sudah membuktikan meminum habatussauda kapsul.  tapi hati-hati  harus yang ada logo bpom dan SH MUI.  itu aman.  

Lebih baik mengkonsimsi yang kapsul karena kalau yang minyak itu sudah diekstrak dan itu tidak asli jelasnya.

16. Tadi juga banyak diperlihatkan gambar dan foto-foto akibat terkena langsung sinar matahari di slide.

Saya kira ini dulu informasinya.  kalau ada yang kurang besok saya tambah dan edit lagi. 

11.46 pm... 

wassalamu'alaikum

 

semoga bermanfaat

 

follow me on twitter @labellejoanita 

12.01 am

Tidak ada komentar:

Posting Komentar