Minggu, 14 Juli 2013

Pelajaran dari Ratih



Bismillahirrohmaanirrohiim
Pelajaran dari Ratih

Belajar tidak harus dari seorang guru yang kita anggap lebih pintar dari kita. 
Terkadang kita bisa belajar dari seseorang yang tidak kita sangka-sangka.
Misalnya dari seorang asisten rumah tangga kita bisa belajar sesuatu yang sangat  berharga. 

Pengalaman ini terjadi kira-kira beberapa tahun lalu saat saya bersilaturahim ke rumah nenek. 
Disana ada seorang teteh yang membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga seperti menyapu lantai, mencuci piring dan kawan-kawannya.

Ternyata bukan hanya saya yang memperhatikan cara teh Ratih ini bekerja, rupanya ibuku juga memperhatikannya. 

Setelah kami pulang lalu kami membicarakaanya. Bukan ghibah lho! tapi membicarakan kehebatan seorang pekerja rumah tangga itu. 

Apa kehebatannya yang membuat saya dan ibu saya kagum dan belajar sesuatu darinya?

Kami memperhatikan, setiap Ratih memulai pekerjaannya dia pasti memulainya dengan mengucapkan kalimat Bismillahirrohmanirrohiim. Subhanaulloh bukan? 

Waktu itu saya  melihat saat dia mulai mengepel lantai di ruang tamu. Sebelum kain pel bergerak terdengar suaranya bicara Bismillahirrohmanirrohiim

Awalnya saya pikir biasa saja dan agak aneh kok baca bismillahnya agak keras sampai terdengar orang lain, dan saya anggap angin lalu saja.

 Tetapi ternyata bukan hanya itu, saat mulai mencuci piring pun dia mengucap Bismillahirrohmanirrohiin dengan suara terdengar lagi oleh saya dan ibu ( waktu itu di dapur ada saya dan ibu). 

Lama kelamaan setelah kami perhatikan ternyata memang itu sudah menjadi kebiasaan Ratih sebelum mengerjakan apapun dia akan melafazkan bismillahirrohmanirrohiim dengan suara yang terdengar orang lain. 
  
Pekejaannya pun terlihat bersih dan rapih. Dan dia terlihat cekatan dalam bekerja. Wah Subhanauolloh! 

Hebat sekali. Aku jadi malu pada diriku sendiri.  Aku hampir tidak pernah mengucapkan kata bismillah diawal pekerjaan yang mau aku lakukan.

Pulang dari rumah nenek ternyata ada oleh-oleh yang sangat berharga yaitu pelajaran dari seorang Ratih yang selalu mengawali pekerjaannya dengan mengucap bismillahirrohmanirrohiim.

Sejak itu aku mulai membiasakan mengucapkan bismillah sebelum memulai pekerjaan meskipun belum istiqomah karena masih sering lupanya daripada ingatnya. Dan, saya merasa pekerjaan yang kita lakukan memang terasa menjadi lebih ringan karena diawali dengan bismillah.

Saya maunya mempraktekan ini dalam kehidupan sehari-hari dimanapun kita berada. Seperti di kantor sebelum mulai mengerjakan sesuatu, bacalah bismillah terlebih dahulu agar pekerjaan yang kita lakukan bisa berjalan dengan lancar.

Ternyata belajar itu bisa dari siapa saja bukan? Bahkan dari seorang pekerja rumah tangga yang selama ini kita anggap bukan siapa-siapa.

 Terima kasih Ratih telah mengajarkan kami satu hal penting dalam melakukan ibadah sehari-hari.  
 Inilah manfaat silaturahim, bisa menambah ilmu dari seseorang yang tidak kita duga-duga.

Alhamdulillahirrobbil’alamiin.  

Tgr, 24/03/11 14.11 wib


Follow me on twitter:@labellejoanita
Add my FB :  Prima Joanita
Like My Page FB: Joanita Shop  

-------Joanita Shop-------
( Chocolate Assorted Tabello 1 dus isi 4 toples --- Mukena Anak --- Mukena Bali ---- Boneka Horta & Potty --- Balmut ---  Kelom Tasik --- )






Tidak ada komentar:

Posting Komentar