Jumat, 12 Juli 2013

Tujuh Wasiat Rasulullah SAW Kepada Abu Dzar Al-Ghifari Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar



Tujuh Wasiat Rasulullah SAW Kepada Abu Dzar Al-Ghifari
Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar

Abu Dzar adalah salah satu sahabat yang disayangi Rasulullah SAW. Penegak yang Haq dari suku Ghifar ini memiliki sifat pemberani yang sangat dipuji Rasulullah.   

Rasulullah menitipkan wasiat ini kepadanya bukan tanpa sebab.  Beliau memahami karakter Abu Dzar yang taat dan teguh dalam mematuhi segala perintah Allah dan RasuluNya.  

Berikut tujuh wasiat Nabi yang disampaikan dalam sebuah hadits.

Dari Abu Dzar Al-Ghifari, beliau berkata: “Kekasihku Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah berwasiat kepadaku dengan tujuh hal.  

Pertama, supaya aku mencintai orang-orang miskin dan dekat dengan mereka.  

Kedua, beliau memerintahakan aku agar aku melihat kepada orang yang berada di bawahku dan tidak melihat kepada orang yang berada di atasku.  

Ketiga, beliau memerintahakan agar aku menyambung silaturahim meskipun mereka berlaku kasar kepadaku.  

Keempat, aku dianjurkan agar memperbanyak ucapan ‘Laa hawla wa laa quwwata illa billah’ ( Tidak ada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah).  

Kelima, aku diperintahkan untuk mengatakan kebenaran meskipun pahit.  

Keenam, beliau berwasiat agar aku tidak takut celaan orang yang mencela dalam berdakwah kepada Allah.  

Ketujuh, beliau melarang aku agar tidak meminta-minta sesuatu apapun kepada manusia.” 

 ( HR Imam Ahmad At Thabrani, Ibnu Hibban, dan Al-Baihaqi.  Syekh Al-Albani menyatakan hadits ini derajatnya shahih ).

Disalin dari bulletin INFO DT edisi 007- Jumadil Akhir – April 2013 hal 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar