Jumat, 04 April 2014

Merokok Membunuhmu!



Pagi tadi dalam perjalanan di bis aku sedikit terengah dengan iklan rokok di sebuah bilboard di pinggir jalan.

Sebenarnya sudah dua kali aku melihat iklan rokok tersebut. Namun hari ini karena macet aku bisa melihat jelas iklan rokok itu.

( ini catatan beberapa minggu yang lalu )

***
Kemarin, saat aku ke Jakarta, ternyata aku melihat lagi billboard iklan rokok itu. Iklan itu ternyata banyak terpampang di pinggir jalan. 

Di bagian atas ada gambar besar yang mengiklankan rokok tersebut dengan gambar dan bahasa iklan yang menarik. 

Yang menjadi perhatianku adalah sebuah gambar kecil di bagian paling bawah. Terlihat jelas ada gambar seorang laki-laki sedang menghisap rokok. Aku sedikit kaget. Koq boleh iklan rokok gambarnya orang sedang menghisap rokok plus ada asapnya. 

Setelah aku perhatikan dengan seksama, dibelakang asap rokok itu ada gambar tengkorak.  Apa maksudnya ada gambar orang menghisap rokok dengan background tengkorak pikirku.  

Mataku bertambah kaget saat aku melihat ke arah tulisan disamping gambar kecil itu. Tulisannya di bawah dan agak kecil sehingga orang-orang tidak begitu aware dengan tulisan itu.

Sekarang aku paham apa makna gambar kecil di iklan itu setelah membaca tulisan disebelahnya.  

Biasanya tulisan di bawah iklan rokok adalah 

Peringatan: Merokok dapat menyebabkan penyakit kanker, jantung, kelainan janin, dll 

Tapi yang ini beda dan hampir membuatku shock dengan kalimat yang ada di iklan itu. 

Peringatan:
"Merokok Membunuhmu" 

Ya Allah Ya Robb!
Kalimat singkat dan menyeramkan tersebut ada dalam iklan sebuah produk?

Masih maukah kita mengkonsumsi barang itu jika sudah jelas-jelas tertera dalam iklan rokok kalau merokok dapat membunuhmu?

Akankah kita mengkonsumsi produk yang dapat membunuh kita? 

Wallahu’alam bishowab

@prima_joanita
250314 ---- 9.16 pm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar